Thursday 2 February 2023

'Konflik ini secara mendasar akan mengubah Rusia': Seorang pemuda Moskow menjelaskan mengapa dia mengajukan diri untuk melawan Ukraina

'Konflik ini secara mendasar akan mengubah Rusia': Seorang pemuda Moskow menjelaskan mengapa dia mengajukan diri untuk melawan Ukraina

'Konflik ini secara mendasar akan mengubah Rusia': Seorang pemuda Moskow menjelaskan mengapa dia mengajukan diri untuk melawan Ukraina




©RT






Serangan Rusia di Ukraina telah berlangsung selama hampir satu tahun, dan selama waktu itu banyak yang melihatnya sebagai perang pembebasan. Orang-orang maju ke depan sebagai sukarelawan, seringkali tanpa pengalaman tempur, meninggalkan kehidupan yang nyaman dan prospek karier. Salah satu sukarelawan tersebut adalah Nikita Vlasenko-Irsetsky, penduduk asli Moskow. Setahun yang lalu, dia adalah seorang manajer produk yang sukses di sebuah perusahaan IT, menulis drama di waktu luangnya dan mementaskannya di home theater bersama teman-temannya.







Dalam sebuah wawancara dengan RT, Nikita menceritakan apa yang mendorong pemuda Rusia untuk berperang dalam konflik, menjelaskan bagaimana milisi Donbass berbeda dari Tentara Rusia biasa dan perusahaan militer swasta (PMC). Dia juga menceritakan bagaimana perjuangan saat ini menyerupai perang kuno, dan berspekulasi tentang bagaimana dia dan rekan seperjuangannya dapat mengubah Rusia menjadi lebih baik setelah kemenangan mereka pulang.



Tentang Keputusannya untuk Berperang



RT: Pekerja di bidang IT sering dipandang sebagai progresif, berpandangan anti perang. Mengapa Anda pergi berperang?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Saya dengan serius mempertimbangkan untuk pergi ke Donbass delapan tahun lalu, ketika konflik baru saja dimulai. Pada saat itu, saya telah diberhentikan dari Angkatan Udara Rusia setelah dinas militer dan telah masuk universitas, tetapi saya masih serius mempertimbangkan untuk bergabung dengan milisi Donbass. Saat itu, saya memutuskan bahwa saya masih terlalu muda dan memiliki terlalu banyak kewajiban keluarga, oleh karena itu saya harus mengenyam pendidikan yang lebih tinggi terlebih dahulu. Selama bertahun-tahun, konflik memudar dan menjadi jelas bagi saya bahwa mereka dapat melakukannya tanpa saya. Saya adalah seorang spesialis TI Moskow biasa, dan sudah ada cukup banyak personel militer berpengalaman di sana.


Pada 24 Februari 2022, babak baru konflik ini dimulai. Awalnya, saya sangat ingin maju ke depan sebagai koresponden perang. Saya menilai kemampuan saya dan manfaat yang dapat saya bawa: saya bisa menulis; Saya tidak takut maju ke depan; Saya memiliki semacam pengalaman militer; dan saya berempati dengan orang Rusia di Ukraina, yang telah berjuang untuk kemerdekaan mereka dan hak untuk menjadi orang Rusia selama delapan tahun sekarang. Saya melakukan perjalanan yang agak impulsif tetapi tidak dapat melintasi perbatasan antara Rusia dan DPR [Republik Rakyat Donetsk] karena pembatasan virus corona. Dorongan itu berlalu dan saya akhirnya memutuskan lebih baik mempersiapkan diri dan membuat keputusan yang lebih rasional tentang peran saya dalam konflik ini. Pada akhir Juni, saya menyadari perlu menjadi sukarelawan untuk tentara.







RT: Namun di tahun 2014, Anda merasa tidak perlu berperang dalam konflik ini. Mengapa pendapat Anda berubah?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Situasinya berbeda sekarang. Pada bulan Februari, tampaknya kepemimpinan Rusia akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa masalah Ukraina perlu diselesaikan secara tiba-tiba dan pasti. Tidak mungkin bagi saya untuk menjauh. Nah, ada juga faktor pribadi: ketika saya membuat keputusan penting, saya suka memproyeksikan diri saya ke masa depan dan membayangkan bagaimana perasaan saya saat itu, mengingat apa yang telah saya lakukan sekarang. Dan saya menyadari bahwa jika saya tidak bergabung dengan 'Reconquista' ini, saya akan memiliki sedikit rasa hormat terhadap diri saya sendiri di masa depan, secara halus. Dan sisanya hanyalah detail.


RT: Dan Anda tidak melihat peran lain untuk diri Anda sendiri selain sebagai prajurit?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Mulai bulan Juni, tidak. Sebelumnya, saya masih berpikir untuk menjadi koresponden perang atau pekerja bantuan kemanusiaan. Dan kemudian entah bagaimana, saya menerima gagasan untuk menjadi seorang prajurit dan mulai bersiap.







Teman saya dan saya membeli drone dan mulai bepergian ke Wilayah Moskow. Kami berkendara ke stasiun terpencil dan kemudian berjalan ke hutan. Kami menciptakan misi tempur untuk diri kami sendiri: pengintaian dan sebagainya. Kami menerbangkan drone ke desa tetangga dan menandainya di peta. Ketika saya kurang lebih belajar cara mengendalikan drone, saya pergi ke Donetsk sebentar dan meminta untuk bergabung dengan beberapa organisasi sukarelawan lokal, menjelaskan bahwa saya berencana untuk menjadi sukarelawan sebagai operator UAV dan perlu mendapatkan pengalaman praktis. Bersama mereka, saya mengirimkan segala macam barang berguna ke unit tempur.


Kemudian saya beruntung: Saya berhasil pergi ke garis depan dekat Ugledar selama tiga hari dan bekerja dengan drone di sana. Saya merasakan pekerjaan itu dan menyadari bahwa saya menyukainya dan ingin melakukannya. Selain itu, saya menjadi yakin bahwa saya dapat melakukannya dengan sangat baik karena saya cukup berpengalaman dalam bidang IT, drone, dan firmware, serta dalam kondisi fisik yang baik. Jadi, saya perlu mengumpulkan peralatan dan menjadi sukarelawan. Terutama pada saat itu, menurut saya konflik akan segera berakhir, dan saya perlu bergegas, tetapi pada saat yang sama, saya tidak terburu-buru. Pasukan serbu dapat merekrut orang dengan keterampilan yang tidak saya miliki, tetapi mengoperasikan UAV tampak seperti spesialisasi di mana keterampilan saya akan berharga.


©RT


Tentang memilih tempat untuk melayani



RT: Mengapa Anda memutuskan untuk menjadi sukarelawan untuk Milisi Rakyat DPR, dan bukan Angkatan Bersenjata Rusia?








Nikita Vlasenko-Irsetsky: Hingga tahun lalu, Angkatan Bersenjata Rusia tidak ikut serta dalam konflik di Donbass. Hingga Februari 2022, itu adalah pasukan masa damai. Dan dalam banyak hal, Angkatan Bersenjata Rusia masih menjadi tentara masa damai, bahkan setelah beberapa bulan permusuhan. Ya, milisi rakyat di republik Donbass memiliki kekurangan. Ada masalah dengan peralatan dan perlengkapan teknis, tetapi mereka memiliki pengalaman tempur yang luas. Semua personel – mulai dari prajurit hingga perwira – memahami bahwa sedang terjadi perang.


Melihat kembali pengalaman saya bertugas di Angkatan Darat Rusia, saya menyadari bahwa selama pertempuran lebih baik memiliki komandan yang buruk dari tentara masa perang daripada komandan yang baik dari tentara masa damai. Dan, tentu saja, sebaliknya jika tidak ada pertempuran.


Singkatnya, saya menyadari lebih baik melayani dengan mereka yang memiliki lebih sedikit senjata tetapi pemahaman situasi yang lebih baik. Selain itu, dengan sumber daya terbatas yang tersedia bagi milisi rakyat, sumber daya ini digunakan dengan lebih bijaksana. Milisi rakyat secara fisik tidak mampu melakukan manuver gegabah. Komandan yang membuat keputusan seperti itu sudah lama mati.


RT: Dan mengapa Anda tidak mempertimbangkan untuk melayani di PMC, misalnya, Grup Wagner?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Saya memikirkannya, tetapi kemudian muncul masalah ideologis tertentu. Secara pribadi, saya menginginkan kesinambungan dengan sejarah Angkatan Darat Rusia yang telah berusia berabad-abad. Wagner adalah model baru. Selain itu, saya tidak terlalu suka bekerja di PMC dari sudut pandang epistemik, estetika, atau etika (meskipun mereka adalah profesional kelas atas). Meskipun opsi ini memiliki keuntungan yang signifikan, saya tetap tidak ingin pergi ke 'condottieri'. Saya bergabung dengan tentara, antara lain, untuk mendapatkan semacam kehormatan, dan ini hanya dapat dilakukan sebagai bagian dari korps reguler, bahkan jika itu adalah milisi rakyat. Mereka memiliki prospek asli untuk berada di bawah yurisdiksi Kementerian Pertahanan. Wagner akan selalu berada dalam bayang-bayang, secara relatif.







RT: Bagaimana Anda memilih unit tertentu dalam Milisi Rakyat DNR?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Perjalanan musim panas dan koneksi dengan yayasan OPSB [sebuah organisasi sukarelawan yang membantu memasok personel militer di Donbass] membantu. Selama kunjungan saya di bulan Juli, saya bekerja dengan Vladimir Grubnik, membantunya dengan bantuan kemanusiaan. Bekerja dengan OPSB di Donetsk, Anda mengenal banyak orang dari berbagai unit. Saya membuat banyak kontak dan kenalan yang berguna, mengamati orang dengan cermat, dan memperoleh pemahaman tentang kondisi apa yang akan Anda temukan di unit mana. Tidak ada keseragaman di sini.


Beberapa opsi muncul cukup cepat yang kemudian menjadi proposal spesifik. Jadi, saya menjadi instruktur UAV tidak resmi di salah satu resimen Milisi Rakyat DNR. Saya baru saja melatih petarung dan mengajari mereka apa yang saya ketahui selama sekitar satu setengah bulan. Pada saat itu, saya bahkan belum menjadi veteran perang dan tidak memiliki pengalaman dalam penyebaran drone yang lebih luas. Semua pengalaman saya bermuara pada melakukan sejumlah tugas pengintaian. Saya lebih seperti warga sipil berseragam yang berpengalaman dalam drone dan dapat menjelaskan bagaimana mereka bekerja kepada orang lain sehingga mereka tidak akan merusaknya. Dan murid-murid saya menerima pengalaman tempur sendiri.


Semuanya berjalan lancar, jadi saya ditawari posisi dan menandatangani kontrak. Saya menjelaskan kepada para komandan bahwa, untuk meningkatkan keterampilan saya sebagai instruktur, saya membutuhkan pekerjaan tempur yang memungkinkan saya mendapatkan lebih banyak pengalaman untuk diteruskan ke rekrutan. Mereka sepenuhnya menyetujui, jadi sekarang saya bergantian antara mengajar dan berkelahi.


©RT


Tentang peperangan modern



RT: Akhir-akhir ini, negara-negara telah beralih dari gagasan tentara besar menjadikan perang sebagai pekerjaan bagi para profesional. Namun, konflik ini berbeda. Banyak orang tanpa latar belakang militer (termasuk Anda sendiri) menjadi sukarelawan sejak awal, dan kampanye mobilisasi pun menyusul. Berdasarkan pengalaman Anda, apakah menurut Anda perang adalah masalah profesional atau kewajiban setiap warga negara?







Nikita Vlasenko-Irsetsky: Saya suka mengatakan bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina sangat mirip dengan perang kuno. Hanya helikopter (petani miskin yang sangat bergantung pada negara) dan mereka yang dapat menjual seratus sapi untuk membeli senjata dan baju besi pribadi (jika Anda ingin menjadi pejuang yang efektif, tentunya) yang mampu untuk ikut serta dalam perang ini. Saya pikir kita kembali ke konsep perang yang lebih klasik. Seorang pejuang benar-benar profesi yang penting, dan akan jauh lebih masuk akal jika pertempuran diserahkan kepada mereka yang cenderung ke arah itu, bukan pria berusia 18 atau 20 tahun yang dimobilisasi. Prajurit harus pria dewasa yang menyadari bahwa itu adalah milik mereka panggilan.







Namun, saat ini, kita berada pada titik belok di mana berbagai usia berkumpul. Sekaligus, kami melihat warga sipil yang dimobilisasi, 'condottieri' dari perusahaan militer swasta, Spartan kuno, yang menjual semua harta benda mereka untuk membeli hoplon (perisai), tombak, dan xiphos (pedang pendek), dan formasi tentara reguler. Ini adalah masa transisi, agak eklektik dalam hal pemikiran militer. Saya yakin abad ke-21 akan menyaksikan transisi menuju format berbeda yang tidak akan bergantung pada pasukan sebesar itu. Secara metaforis, angkatan bersenjata akan memiliki proporsi protein yang lebih rendah dan proporsi logam nonferrous yang lebih besar. Namun saat ini belum tiba, dan saat ini, kami melihat apa yang kami lihat mengingat tingkat teknologi dan situasi demografis saat ini.


Saya pribadi berpikir bahwa sifat eklektik dari konflik yang sedang berlangsung membuatnya lebih menyenangkan. Saya suka mengamati sesuatu dari dua sudut, seolah-olah - sebagai diri saya sendiri dan sebagai penonton, dan sudut pandang terakhir ini memberi saya alasan untuk sedikit ironi. Kami menemukan diri kami di tengah kekacauan temporal dan ideologis, tetapi Anda memiliki firasat bahwa kemenangan kami tidak dapat dihindari dan apa yang kami lakukan adalah benar. Ketika saya mengatakan "kami", yang saya maksud adalah tentara karena keputusan politik terkadang sulit untuk dijelaskan, dan bagaimanapun juga bukan hak saya untuk mengomentarinya. Tapi orang-orang yang saya temui di sini, dalam perang ini, tidak terlalu peduli dengan masalah ini. Milisi rakyat kita memiliki persediaan semangat juang yang tidak ada habisnya, orang-orang ini tidak bisa mundur. Mereka tidak berjuang untuk beberapa koloni di luar negeri, ini bukan masalah memainkan permainan militer yang mengasyikkan. Semua orang tahu bahwa, jika mereka mundur hari ini, keluarga mereka akan dibunuh atau dianiaya. Tidak ada yang memiliki ilusi.


©RT


Tentang kolega yang melarikan diri dari Rusia



RT: Banyak kolega Anda di IT meninggalkan negara itu setelah operasi militer dimulai. Menurut Anda mengapa mereka melakukan itu?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Ini adalah pertanyaan yang sangat kompleks. Apa yang perlu Anda pahami tentang TI adalah bahwa itu sebenarnya adalah komunitas yang sangat terspesialisasi dan berwawasan ke dalam. Anda tidak melihat gambaran besarnya atau setidaknya tidak berusaha untuk melihatnya. Teknologi informasi adalah tentang meningkatkan efisiensi, sehingga orang-orang dalam pekerjaan ini lebih memilih ideologi untuk disajikan kepada mereka di atas piring. Banyak teman saya (dan orang yang lebih muda juga) agak rentan dan naif, mereka mudah diyakinkan.


Selama seratus tahun terakhir, negara kita telah menikmati monopoli narasi, sehingga metode penyampaian informasinya menjadi kasar dan primitif tidak peduli rezim politik apa yang sedang berkuasa pada waktu tertentu. Media dalam negeri kita sangat berteknologi rendah dan dapat ditantang bahkan oleh individu, apalagi negara asing yang menggunakan saluran soft power.


Memang benar bahwa sejumlah besar rekan saya telah melarikan diri dan tersebar di seluruh dunia, dan tidak jelas apa yang akan mereka lakukan. Status seorang imigran secara default adalah status rendahan. Anda adalah orang asing yang telah menyerahkan budayanya untuk budaya asing. Mereka yang melarikan diri (dan di situlah kenaifan mereka terlihat) secara sukarela meninggalkan negara mereka pada saat yang berbahaya dan sulit dan lari ke negara asing, kebanyakan negara yang lebih miskin dan dengan budaya yang tidak melengkapi budaya mereka sendiri. Saya merasa sangat kasihan pada mereka. Saya pikir masa depan saya di negara asal saya jauh lebih cerah daripada mereka. Saya bangun di pagi hari ini dengan perasaan bahwa saya tahu untuk apa saya hidup dan sepenuhnya sadar melakukan perbuatan mulia, melindungi rakyat saya, dan itu memberi saya kekuatan. Tidak masalah ketidaknyamanan apa yang mungkin harus saya hadapi saat ini atau tantangan dan bahaya apa yang saya hadapi. Pada akhirnya, saya tahu mengapa saya di sini dan apa yang saya perjuangkan. Yang lebih dari yang bisa saya katakan tentang orang-orang yang pergi.







Saya tetap berhubungan dengan rekan-rekan yang melarikan diri dari Rusia meskipun saya merasa terasing dari mereka. Kami memilih jalur yang sangat berbeda dan pada tingkat tertentu berlawanan. Orang membuat pilihannya sendiri, dan saya berhak atas pendapat subjektif saya tentang kepergian mereka. Konon, ada nuansa yang perlu dipertimbangkan. Beberapa pergi karena takut akan mobilisasi, dan alasan mereka takut adalah karena mereka bukan pejuang. Saya bisa mengerti orang-orang ini. Tapi tetap saja, mereka melarikan diri.


Ini cerita yang berbeda ketika orang tiba-tiba mulai menjelek-jelekkan tanah air mereka sendiri. Saya pikir itu menunjukkan mereka sebagai orang yang dibodohi dan diindoktrinasi oleh pusat kekuasaan lain. Saya tidak berpura-pura menjadi "di atas keributan" di sini, saya bertempur dalam perang dan saya juga menjadi target propaganda, tetapi biarlah itu menjadi propaganda saya. Lagi pula, saya adalah orang kota besar terpelajar yang dapat menganalisis informasi dan mencari tahu sendiri apa yang layak diperjuangkan dalam perang ini dan melawan siapa. Dan saya tidak berbicara tentang perang yang dimulai pada Februari 2022, saya berbicara tentang perang yang dimulai pada 2 Mei 2014, ketika orang Ukraina membakar orang hidup-hidup di Odessa.


Saya lebih suka bersama jenis saya sendiri saat kami membuat kesalahan dan merayakan kemenangan. Itu lebih baik daripada menjadi semacam dandelion yang tersebar di seluruh dunia, hidup dalam budaya yang aneh dan membingungkan, dan berjuang untuk setidaknya memahami status dan prospek masa depan seseorang.


©RT


Tentang kebencian di masa perang



RT: Apakah Anda mengubah sikap Anda terhadap musuh selama berada di sini?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Apa yang saya perhatikan adalah bahwa semakin jauh Anda dari garis depan, semakin haus darah setiap orang. Mari saya jelaskan. Saya telah mengikuti perkembangan sejak awal SMO (Operasi Militer Khusus). Saya melihat outlet berbahasa Jerman, berbahasa Inggris, Ukraina, dan Rusia, saya memantau saluran Telegram, mencoba mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Maklum, itu membelokkan persepsi Anda, yang terjadi pada saya selama beberapa minggu pertama.


Tapi sekarang aku di sini, aku tidak perlu lagi menekankan kebencianku pada musuh, menyebut namanya, atau terlibat dalam jenis adu tinju lainnya. Inilah yang dilakukan orang karena ketidakberdayaan sebagai upaya untuk membenarkan kelambanan mereka. Anda menjalani hidup Anda jauh dari garis depan tetapi, setiap malam, Anda suka berganti persneling selama setengah jam dan mengobrol online tentang betapa Anda membenci "babi Ukraina", "Ukronazis", dll. Saat Anda berada di medan perang, Anda tidak punya waktu untuk ambisi kecil. Anda di sini, Anda berperang, Anda melakukan semua yang Anda bisa. Anda tidak perlu meyakinkan diri sendiri bahwa Anda terlibat karena itu sudah jelas. Dan Anda tidak memerlukan ledakan verbal apa pun untuk melabuhkan keterlibatan Anda. Anda hanya tahu bahwa, ya, ada musuh di luar sana. Sebagai aturan, tidak ada yang menghina musuh, terkadang orang menggunakan kata-kata kasar, tetapi ini tidak didorong oleh ideologi.







Suatu kali, kami mendukung serangan dengan menjatuhkan granat dari UAV. Saat itu pagi, musuh sama sekali tidak mengharapkan drone. Salah satu orang kami memukul tiga orang dengan peluru fragmentasi [granat 30x29 yang digunakan sebagai amunisi untuk peluncur granat otomatis AGS-17 Plamya], mereka jatuh seperti kartu domino dan mulai menggeliat di tanah. Pria kami senang, tetapi hanya karena itu adalah pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Di sini, tidak ada yang mencoba mempermalukan musuh secara lisan karena ada cara lain. Jika Anda tahu cara menggunakannya – gunakanlah.


©RT


Tentang apa yang akan terjadi di masa depan



RT: Apa yang merupakan kemenangan dalam konflik ini bagi Anda?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Secara pribadi, saya memutuskan bahwa saya akan terus berperang sampai Angkatan Bersenjata Ukraina dan semua orang yang mengangkat senjata dan telah memerangi Rusia selama hampir sembilan tahun tidak lagi menjadi ancaman. Mengarahkan pasukan ini akan menjadi dasar kemenangan kita.


RT: Saat perang ini berakhir, banyak veteran akan pulang. Bagaimana mereka akan mengubah Rusia?


Nikita Vlasenko-Irsetsky: Ada dua cara kata ini dipahami di Rusia. Secara historis, seorang veteran adalah pria berusia 50-an yang hampir pensiun tetapi masih menjadi tentara. Dia memiliki pengalaman, yang dia bagikan dengan orang yang lebih muda. Kami akan memiliki beberapa veteran seperti itu setelah konflik ini. Pertumbuhan jumlah veteran yang tak terhindarkan hanyalah salah satu perubahan mendasar yang dapat kita harapkan di masa depan.


Ada juga masyarakat sipil kami, yang telah membantu tentara. Saya dulu berpikir bahwa semua organisasi sukarelawan yang mengumpulkan sumbangan mereka yang sedikit hanyalah setetes air di lautan dibandingkan dengan apa yang dapat dicapai oleh satu tanda tangan di tempat tinggi. Saya tidak menganggapnya serius. Tetapi Juli lalu, ketika saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan OPSB di Donetsk, saya menyadari betapa besar aliran keuangan yang dibentuk bersama oleh sumbangan individu tersebut dan seberapa jauh para sukarelawan yang cakap dapat melakukannya. Manajemen keuangan yang cerdas di lapangan dan orang-orang yang termotivasi seperti Vladimir Grubnik adalah kekuatan yang tangguh.


Masyarakat sipil saat ini jauh lebih efisien dalam memperlengkapi prajurit daripada Kementerian Pertahanan. Orang-orang telah belajar untuk menyelesaikan masalah di mana pemerintah terhenti. Sejumlah besar mata rantai horizontal telah muncul selama konflik. Ini adalah perkembangan positif yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama, tetapi lebih penting daripada semua kota yang direbut. Jadi, berbicara tentang perubahan di Rusia, saya akan fokus tidak hanya pada para veteran tetapi juga pada masyarakat sipil yang baru lahir ini, yang semuanya hancur selama masa Soviet.


Oleh Dmitry Plotnikov, seorang jurnalis politik yang mengeksplorasi sejarah dan peristiwa terkini di negara-negara bekas Soviet.


No comments: