Tuesday 21 February 2023

Once Mekel Gandeng Gitaris Guns N Roses untuk Rilis Album Solo 'Sigma'

Once Mekel Gandeng Gitaris Guns N Roses untuk Rilis Album Solo 'Sigma'

Once Mekel Gandeng Gitaris Guns N Roses untuk Rilis Album Solo 'Sigma'




Once Mekel dalam perilisan album Sigma di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa sore, 21/2/2023. Foto/Thomas Manggalla






Once Mekel rilis Album terbarunya yang bertajuk 'Sigma', berisi 9 lagu karya orisinal dirinya sendiri. Once Mekel menggandeng Ron Bumblefoot yang merupakan mantan gitaris Guns N Roses dan Son of Apollo.







"Jadi untuk judul album Sigma dipilih karena merepresentasikan kepribadian di album ini. Sebagai album yang berdiri sendiri dari berbagai album dan produksi musik yang ada dan dengan karakter kuat," kata Once Mekel dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada hari Selasa, 21/02/2023.


Album Sigma dirilis dalam bentuk CD oleh Musik & Sport KFC Indonesia berkolaborasi dengan Matapala Music. Dalam penggarapannya, Once mengaku dia sendiri yang menciptakan hingga memproduksi album tersebut.





"Album ini menarik ya, 9 lagu saya yang buat, saya yang produksi, saya juga yang memasarkannya," kata Once


Salah satu lagu yang menjadi sorotan Once dalam album ini berjudul "Kau & Aku". Once mengatakan, pengisi suara gitar dalam lagu itu adalah Ron "Bumblefoot", eks gitaris Gun's N Roses.


"Menariknya lagu itu suara gitar diisi oleh Mr Ron. Dia teman baik saya. Kami bertemu sudah lama. Saat itu saya langsung ajak ke studio saya di Pondok Indah dan langsung saat itu juga kita rekaman," tutur Once.


Once Mekel dan Ron Bumblefoot ternyata bukan baru kenal sesaat, keduanya sudah enam tahun saling mengenal.







Ia menuturkan bahwa Ron lah yang meminta untuk bisa ikut mengisi gitar dalam album solo terbarunya itu.


"Saya sudah berteman sejak 6 tahun lalu sama Ron Bumblefoot, akhirnya saya minta dia isi lagu itu. Orangnya asyik," terang Once.


Once mengakui penggarapan album solonya itu memang memakan waktu cukup panjang. Sebab, ia harus membagi waktu antara menyelesaikan album pribadi dan album musisi lain.


"Biasanya mengurus album orang lain, sekarang urus album sendiri," jelas pria berusia 52 tahun itu.


"Once Mekel adalah salah satu penyanyi terbaik di Indonesia. Sigma bagaikan kumpulan lagu yang sangat personal dibalut berbagai macam genre," timpal CEO Jagonya Musik & Sport Indonesia, Steve Lillywhite


Beberapa lagu di album Sigma diantaranya adalah Ditentukan untuk Bersama, Abadi Untukmu, Telah Berlalu, Gemuruh, Sweetest Place, dan lainnya.


Steve Lilywhite selaku CEO Jagonya Musik & Sport Indonesia menyebut Sigma sebagai salah satu masterpiece seorang Once.








"Saya bisa sebut Once sebagai penyanyi terbaik di Indonesia sekaligus teman baik saya di sini. Sigma adalah kumpulan lagu Once yang sangat personal dan dibalut dalam beragam genre," ungkap Steve.


Mantan vokalis Dewa 19 kelahiran Makassar, 21 Mei 1970, bernama Elfonda Mekel atau yang akrab disebut Once, mengatakan, bahwa tidak mudah untuk mencari judul album yang mewakili identitas dari materi karya yang disuguhkan dalam album ini.


Alhasil, Once pun mengaku bersyukur akhirnya kembali rilis album lagi selepas 2015 atau berjarak 8 tahun keluarkan album solo lagi ‘ditengah kesibukan selama ini mengurusi album orang lain karena kerja di Jagonya musik dan sport. Selain itu, dia ingin memberikan warna lain dalam karya album solonya ini.


“Saya pikir timming dan karakter memang harus dipikirkan karena itu penting dan harus karena saya gak mau menggarami lautan jadi kalo buat karya musik itu memang harus berkarakter kalo banyak yang lain gak mau saya ingin lagu saya punya warna sendiri,” katanya.


Album Sigma dari Once Mekel sudah bisa didapatkan di seluruh outlet restoran cepat saji KFC di Indonesia.


No comments: