Wednesday 24 March 2021

'Saya tidak merasa aman': Orang Asia di Inggris merenungkan tahun kebencian

'Saya tidak merasa aman': Orang Asia di Inggris merenungkan tahun kebencian

'Saya tidak merasa aman': Orang Asia di Inggris merenungkan tahun kebencian















Peng Wang diserang bulan lalu saat dia sedang berlari di dekat rumahnya (Sumber: Peng Wang)












Satu tahun yang lalu, Inggris ditempatkan di bawah penguncian pertama ketika virus corona melonjak di seluruh negeri.




Sejak itu, komunitas Asia Timur dan Tenggara Inggris telah menyaksikan peningkatan 300 persen dalam kejahatan rasial, menurut End the Virus of Racism, sebuah kelompok advokasi yang berbasis di Inggris.


Karena berita utama di seluruh dunia mengklaim virus itu berasal dari China, restoran takeaway dirusak. Beberapa di Pecinan di Inggris diboikot sama sekali.


Pada saat-saat paling buruk, orang keturunan Asia diserang di jalan.


Komentar dari Donald Trump, mantan presiden AS, menggambarkan virus corona sebagai "virus China" dan China sebagai "negara yang melepaskan wabah ini ke dunia" lebih banyak membantu kebencian.


Banyak pengamat mengatakan penembakan fatal baru-baru ini terhadap delapan orang di Atlanta, enam di antaranya perempuan keturunan Asia, menunjukkan betapa rentannya beberapa komunitas.


Di Inggris, rasisme anti-Asia juga telah mencapai aula kekuasaan.


Sarah Owen, seorang anggota parlemen dari Partai Buruh yang beroposisi, menggambarkan bagaimana dua anggota parlemen yang tidak disebutkan namanya menyebut orang-orang China sebagai "bajingan jahat itu".



komunitas Asia Timur Inggris berbicara tentang keprihatinan mereka:



"Saya tidak merasa aman seperti dulu' Peng Wang, 37, dosen manajemen keuangan


Sebelum saya datang ke Inggris pada tahun 2014, saya tinggal di Finlandia selama enam tahun. Ketika saya pertama kali pindah, orang Inggris lebih ramah daripada orang Finlandia, yang entah bagaimana lebih pemalu. Tetapi setelah Brexit dan setelah pandemi ini, segalanya menjadi lebih buruk.


Pada tanggal 23 Februari, bulan lalu, sekitar jam 4 sore, saya pergi jogging di dekat rumah. Ada sebuah mobil yang sedang melaju di seberang jalan.


Sopir itu membuka jendela dan meneriaki saya, "Virus China!" Segera, saya balas berteriak, menenangkan diri, menarik napas dalam-dalam dan terus berlari.




Ketika saya berbelok di tikungan, mereka kembali dan mulai meneriaki saya lagi. Saya menjadi sangat marah, mendekati mobil, dan meneriaki mereka: “Mengapa kamu melakukan ini? Keluar!"


Sopir dan orang lain keluar dari mobil dan menyerang saya.



"Itu pasti masalah sebelum pandemi"



Sarah Owen, 38, Labour MP for Luton North


(Courtesy: Kantor Sarah Owen MP)


Serangan menunjukkan bahwa ini bukan hanya masalah Amerika. Ini jelas menjadi masalah di sini di Inggris (dan) sudah pasti menjadi masalah sebelum pandemi.


Tahun lalu, sebelum virus korona melanda, kami memiliki (penyiar Inggris) Piers Morgan di Good Morning Britain mengolok-olok bahasa China, menggunakan aksen China, dan itu dianggap tidak masalah. Dia tidak meminta maaf untuk itu.


Dalam hal apa yang saya hadapi saat online, sembilan dari 10, saya cukup tangguh untuk itu. Tapi itu seperti video yang dikirimkan kepada saya tentang hewan hidup yang dimakan atau lelucon yang menghina, yang menggambarkan orang Asia Timur sebagai tidak manusiawi karena hal-hal yang tampaknya kita makan. Saya harus menunjukkan kepada (troll online) bahwa, "Tidak, saya tidak makan anjing, dan anjing peliharaan saya masih hidup, sehat, dan sangat bahagia."


Saya kira (pemerintah) belum cukup berbuat. Kadang-kadang ada kata-kata hangat, tapi kita harus berjuang bahkan untuk mendapatkan kata-kata hangat itu. Mereka memberikan kenyamanan dingin kepada orang-orang yang saya kenal yang toko mereka dirusak atau yang telah menjadi korban kejahatan rasial.



"Saya merasa tidak diterima, saya bukan milik kota yang saya sebut rumah"



Lisa Dang, 29, koki


(Courtesy of Lisa Dang)


Saat tumbuh dewasa, ayah saya selalu berkata bahwa saya perlu bekerja dua kali lebih keras karena saya orang Vietnam yang tinggal di negara orang lain. Saya selalu menentang pendapatnya: Saya lahir di sini, dan saya termasuk di sini.




Tetangga sebelah saya adalah pasangan kulit putih tua yang tidak pernah memiliki anak. Mereka menerima saya sebagai cucu angkat mereka.


Tidak sampai sekolah menengah ketika mikro-agresi dimulai. Penghinaan rasial, mengejek nama saya, orang mengatakan hal-hal seperti saya makan anjing.


Maret lalu, tak lama setelah tersiar kabar tentang virus corona, pasangan saya, seorang Tionghoa, dan saya mengunjungi teman kulit putih di Essex. Saat kami menginjakkan kaki ke dalam pub, kami disambut oleh seseorang yang berteriak, "Wuhan". Rasanya seolah-olah seluruh dunia telah berhenti. Tidak ada yang ingin mengakui siapa yang mengatakannya, tetapi juga tidak ada yang ingin memanggil orang tersebut, berdiri dan menjadi sekutu. Kami duduk di pub dengan menantang, tidak ingin orang ini menang dengan pergi.


Saya menandai pengalaman ini sebagai agresi mikro yang terisolasi karena terjadi di luar London yang kurang multikultural - sampai saya pergi ke supermarket di London November lalu. Sekelompok pria berusia dua puluhan berteriak, “Ni Hao! Konnichiwa!”, Segera memakai topeng mereka, dan menutupi wajah mereka. Yang lebih mengecewakan adalah kelompok itu juga etnis minoritas. Dimana solidaritasnya?


Sampai sekarang, saya tidak pernah mengerti apa yang ayah saya coba katakan. Untuk pertama kalinya, saya tidak merasa diterima, saya bukan milik kota yang saya sebut rumah.



"Ini pasti seperti apa yang Muslim rasakan setelah 9/11"



Daniel Ly, 28, konsultan


Courtesy of Daniel Ly


Saya khawatir tentang keluarga saya. Saya mengkhawatirkan keselamatan mereka saat mereka pergi ke toko. Saya khawatir tentang lebih banyak orang Asia yang lebih tua di negara kita, yang sendirian dan tidak mampu mengurus diri mereka sendiri.




Ini pasti seperti apa yang dirasakan orang Asia Selatan dan Muslim setelah 9/11 selama bertahun-tahun. Sahabatku orang Pakistan. Kami selalu berbicara tentang betapa tidak adilnya media dalam menggambarkan Muslim, menciptakan arus amarah yang tersembunyi pada orang-orang yang mudah terinfeksi kebencian.


Saya sangat khawatir anak-anak kembali ke sekolah. Anda memiliki seluruh generasi anak-anak Asia yang akan merasa sendirian dan lebih tidak nyaman dengan diri mereka sendiri, tidak nyaman dalam penampilan mereka yang berbeda dengan teman sekelas mereka.


Rasisme akan menjatuhkan kepercayaan diri mereka, cinta untuk diri mereka sendiri, apresiasi mereka terhadap budaya mereka. Itu akan membuat mereka merasa tidak enak. Itu sulit, dan saya tidak yakin bagaimana cara memperbaikinya.



'Sekarang menjadi sangat buruk, saya perlu berbicara'



Tiffany Law, 27, pengacara trainee


(Courtesy of Tiffany Law)


Saya lahir di Hong Kong dan dibesarkan di Kanada di luar Toronto. Saya pindah ke Inggris Raya pada September 2016. Saya merasa lebih banyak pertemuan rasis di Inggris daripada yang saya alami di Kanada, meskipun secara teknis, Inggris lebih bersifat internasional.




Dua bulan setelah saya pindah ke Inggris, saya pergi ke sebuah pertunjukan dengan seorang teman Tionghoa kelahiran Inggris di Leeds. Saat kami menunggu Uber pulang, kedua pria ini mendatangi kami dan mulai melecehkan kami secara verbal, tanpa alasan, dengan komentar rasis, menanyakan apakah kami berasal dari China. Ketika kami mengabaikan mereka, salah satu dari mereka memegang saya dan mendorong saya untuk menarik perhatian saya. Saya ingat saat itu, saya sangat terkejut. Saya sebenarnya tidak bisa berkata-kata.


Pada awal pandemi, orang-orang menatap saya dengan aneh karena memakai topeng.


Dengan ayah saya yang tinggal di Kanada, sering kali saya seperti: "Saya sangat jauh, bagaimana jika sesuatu terjadi padanya?"


Saya sangat prihatin karena meningkatnya kejahatan rasial anti-Asia di Kanada juga.


Tumbuh dewasa, saya tidak pernah merasa perlu untuk berbicara hanya karena tidak pernah seburuk ini. Tentu saja, ada agresi mikro dari waktu ke waktu. Tetapi baru setelah saya pindah ke sini, saya merasa sekarang menjadi sangat buruk, saya perlu berbicara.



'Orang tua saya ditanya apakah mereka membawa COVID ke Inggris'



Tuan Vu, 28, konsultan manajemen


Courtesy of Tuan Vu


Di kereta saya, ada seorang pria kulit putih yang batuk dan bersin di sekitarnya dan tidak ada yang mengedipkan mata. Mengetahui bahwa orang ini berpotensi menyebarkan COVID atau mungkin sedang flu atau pilek, membuat saya merasa sangat tidak nyaman, karena matanya tertuju pada saya.


Orang tua saya pernah mengalami pelecehan verbal di jalanan Birmingham karena warna kulit mereka. Mereka ditanya apakah mereka orang Cina, dan apakah mereka membawa COVID ke Inggris. Untungnya, itu hanya pelecehan verbal. Tidak ada kekerasan yang terlibat, tapi itu masih membuatku takut.



"Orang-orang yang seharusnya melindungi kita bahkan tidak repot-repot"



Jan Le, 28, analis produk teknologi keuangan


(Courtesy of Jan Le)


Setelah pawai Black Lives Matter, gerakan Liga Pertahanan Inggris (paling kanan) berbaris di pusat kota London. Kami tinggal di Soho, orang tua saya punya restoran di sana. Mereka berjalan-jalan setiap hari dan saya sangat khawatir.




Saya seperti ingin berkata, “Tolong jangan berjalan menuju Trafalgar Square. Hari ini, jangan repot-repot pergi keluar. Tolong tetap di dalam rumah selama seminggu sampai semuanya berakhir. "


Bahkan sebelum saya lahir, pada tahun delapan puluhan, orang tua saya harus pindah karena orang terus melemparkan batu bata melalui jendela mereka.


Jauh sebelum lockdown pertama Maret lalu, kami merasakan rasisme sejak dini. Bisnis kami benar-benar menurun, yang lucu karena kami bahkan tidak berada di Chinatown dan kami adalah restoran Vietnam. Orang-orang menghindari kami seperti wabah.


Saya mulai merasa pesimis. Saya berharap orang-orang akan menanggapi rasisme anti-Asia dengan cukup serius, itu akan mendapatkan lebih banyak waktu tayang. Saya membaca politisi mengadakan debat tentang hal itu di Parlemen untuk pertama kalinya dan tidak ada satupun anggota parlemen dari Partai Konservatif yang muncul. Sejujurnya saya tidak tahu apa yang bisa kita lakukan ketika orang yang seharusnya melindungi kita bahkan tidak peduli.



"Saya telah tumbuh untuk menormalkan ini dalam hidup saya"



Lisa Huang, 27, konsultan manajemen


Courtesy of Lisa Huang


Menjadi orang Tionghoa kelahiran Inggris selalu memiliki tantangan. Saya selalu memiliki orang-orang yang meneriakkan hinaan rasial kepada saya sepanjang hidup saya - anak-anak di sekolah, orang asing di jalan, di universitas.




Saya baru saja mengabaikannya, saya menjadi pendiam, saya tumbuh menjadi normal dalam hidup saya.


Berjalan pulang di malam hari dan mendapatkan "Ni Hao'ed" atau "ching-chonged" oleh orang asing di jalan baru saja menjadi norma bagi saya, tetapi seharusnya tidak demikian.


Dengan pandemi baru-baru ini, rasisme telah melonjak ke tingkat yang sama sekali baru ke titik di mana orang kehilangan nyawa karena warisan mereka.


Yang lebih buruk, bagian paling rentan dari komunitas Asia menjadi sasaran. Yang paling mengejutkan saya adalah tidak ada yang melakukan apa-apa meskipun ada seruan dari komunitas Asia, terlepas dari semua serangan.

No comments: