Friday 16 September 2022

Trump Mengatakan Bahwa Jika Dia Didakwa Akan Menimbulkan 'Masalah' bagi Negara

Trump Mengatakan Bahwa Jika Dia Didakwa Akan Menimbulkan 'Masalah' bagi Negara

Trump Mengatakan Bahwa Jika Dia Didakwa Akan Menimbulkan 'Masalah' bagi Negara


©AFP 2022/ED JONES






Donald Trump sedang dalam beberapa penyelidikan, termasuk penanganan dokumen rahasia, jika dia dan sekutunya ikut campur dalam pemilihan presiden Georgia 2020, atas tindakannya selama kerusuhan 6 Januari, dan kasus perdata dan pidana di New York mengenai transaksi bisnis negara di sana.







Berbicara kepada pembawa acara talk show konservatif Hugh Hewitt menjelang rapat umum di dekat Youngstown, Ohio, akhir pekan ini, Trump ditanya apakah dia pikir dia akan didakwa atas dokumen rahasia yang disita FBI dari tanah miliknya di Mar-a-Lago di Florida.


Mantan presiden itu menjawab bahwa dia tidak berpikir dia akan didakwa karena dia “tidak melakukan kesalahan.”


“Yah, tidak ada alasan mereka bisa, (mendakwa Trump) selain jika mereka hanya sakit dan gila, yang selalu mungkin, karena saya benar-benar melakukannya, Anda telah melihat dokumen hukum, sama sekali tidak ada yang salah. Dan tidak ada alasan mereka bisa melakukan itu.”


Tetapi ketika ditekan tentang apa yang dia pikir akan terjadi jika dia didakwa, Trump menyatakan bahwa rakyat Amerika tidak akan mendukungnya.


“Jika mereka pernah melakukan sesuatu atas dakwaan, saya hanya berpikir itu hanya akan menghancurkan negara ini. Saya pikir negara ini akan tercabik-cabik," kata Trump. “Saya pikir mereka akan memiliki masalah besar, masalah besar. Saya hanya tidak berpikir (orang-orang Amerika akan) mendukungnya. Mereka tidak akan, mereka tidak akan duduk diam dan berdiri untuk hoaks akhir ini.” Dia kemudian menambahkan bahwa orang Amerika “tahu saya sama sekali tidak bersalah.”


Trump juga menyatakan bahwa jika dia didakwa, itu tidak akan mencegahnya mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024.


Hewitt memperkirakan bahwa "media lama" akan menafsirkan komentar Trump sebagai menghasut kekerasan, tetapi Trump menyatakan bahwa dia tidak.


“Itu tidak menghasut. Saya hanya mengatakan apa pendapat saya. Saya tidak berpikir orang-orang di negara ini akan mendukungnya.”


Trump telah dituduh menghasut kerusuhan yang menyebabkan para pendukungnya menyerbu gedung capitol. Komite Pemilihan DPR untuk Menyelidiki Serangan 6 Januari di Capitol Amerika Serikat sedang menyelidiki tindakannya hari itu untuk menentukan peran apa yang dimainkannya. Itu terpisah dari razia Mar-a-Lago yang mencari dokumen rahasia, yang terkait dengan penyelidikan Trump dan upaya sekutunya untuk membatalkan pemilihan 2020.


Mantan presiden itu berargumen selama wawancara, dan sebelumnya, bahwa dia mendeklasifikasi semua dokumen yang dia ambil dari Gedung Putih. Namun, itu bukan argumen yang dibuat tim hukumnya di pengadilan.

No comments: