Saturday 16 July 2022

Bolsonaro : 'Saya tahu bagaimana perang Ukraina dapat diselesaikan'

Bolsonaro : 'Saya tahu bagaimana perang Ukraina dapat diselesaikan'


FOTO FILE: Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyambut Presiden Hongaria Katalin Novak di Brasilia






Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada hari Kamis bahwa dia tahu bagaimana perang antara Rusia dan Ukraina dapat "diselesaikan" dan bahwa dia akan menyampaikan sarannya kepada timpalannya dari Ukraina Volodymyr Zelenskiy, dengan siapa dia akan mengadakan pertemuan telepon minggu depan.







"Saya akan memberi tahu dia pendapat saya, apa yang saya pikirkan. Solusi untuk ini. Saya tahu bagaimana itu bisa diselesaikan. Tapi saya tidak akan memberi tahu siapa pun," kata Bolsonaro kepada wartawan saat berkunjung ke negara bagian Maranhao di timur laut.


"Solusi untuk kasus ini seperti bagaimana perang Argentina dengan Inggris berakhir pada 1982," katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.


Argentina dan Inggris terlibat konflik singkat pada tahun 1982 atas kedaulatan Kepulauan Falkland di Atlantik selatan, yang dikenal di Argentina sebagai Malvinas. Itu dimulai pada April 1982 ketika pasukan Argentina mendarat di pulau-pulau yang dikuasai Inggris, dan Inggris mengirim satuan tugas angkatan laut untuk merebut kembali mereka. Pasukan Argentina yang diperlengkapi dengan buruk memiliki sedikit peluang dan Argentina menyerah dua bulan kemudian.


Bolsonaro memiliki panggilan telepon yang dijadwalkan pada 18 Juli dengan Zelenskiy. Dia mengatakan pemimpin Ukraina adalah orang yang awalnya mengulurkan tangan dan dia segera menyetujui panggilan itu.


Presiden Brasil mengunjungi timpalannya dari Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Februari, beberapa hari sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Bolsonaro sejauh ini mengambil sikap netral dalam konflik tersebut karena Brasil ingin terus melakukan bisnis dengan Rusia.


Awal pekan ini menteri hubungan luar negerinya mengatakan Brasil sedang mencari untuk membeli diesel sebanyak mungkin dari Rusia, yang juga merupakan pemasok besar pupuk ke pembangkit tenaga listrik pertanian Amerika Selatan.


“Perang ini telah menyebabkan gangguan besar. Lebih sedikit untuk Brasil, lebih banyak untuk Eropa,” kata Bolsonaro.

No comments: