Wednesday 3 August 2022

Relawan Prancis: Saya Menyaksikan Frame-Up Bucha

Relawan Prancis: Saya Menyaksikan Frame-Up Bucha

Relawan Prancis: Saya Menyaksikan Frame-Up Bucha


©AP Photo/Rodrigo Abd






Mantan tentara dan penulis Adrien Bocquet mengunjungi Ukraina dan mengatakan kepada Media bahwa dia menyaksikan persiapan untuk provokasi bendera palsu di pinggiran kota Kiev, Bucha pada bulan April.







Penulis Prancis Adrien Bocquet melakukan perjalanan ke Ukraina dua kali pada bulan April dalam misi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan, peralatan medis, dan obat-obatan. Dia mengunjungi perbatasan Polandia-Ukraina dan pinggiran kota Kiev di Bucha, mengamati tahanan Rusia yang disiksa dan dibunuh dan para pejuang Ukraina menyiapkan panggung untuk membingkai pembantaian sipil dengan bendera palsu.


Penulis menuduh telah menyaksikan penyiksaan dan pembunuhan tawanan perang Rusia di hanggar di bagian utara Bucha pada awal April ketika militer Ukraina menguasai kembali kota tersebut.


“Ketika saya berbicara tentang pembunuhan dan penyiksaan, saya berbicara tentang pembunuhan dan penyiksaan terhadap militer Rusia. Petugas adalah yang pertama dieksekusi. Saya mendengar teriakan ketika 'pria Azov' bertanya siapa petugas itu. Begitu mereka mendapat jawaban, mereka langsung menembak orang itu di kepala... Yang terburuk adalah saya tidak melihat sikap manusia, tidak ada emosi, karena saya melihat orang dieksekusi, orang disiksa, orang dibunuh, tertembak di anggota badan, kepala,” kata Bocquet.


Bocquet mencatat bahwa ia sering berinteraksi dengan Angkatan Bersenjata Ukraina dan pejuang Azov, yang mengejutkannya dengan perlakuan tidak manusiawi mereka terhadap Rusia, Yahudi, dan orang-orang dari ras lain.


“Saya harus banyak berpura-pura untuk menghindari menunjukkan pendapat dan emosi saya dan di atas semua itu untuk tidak menunjukkan ketidaksetujuan dengan pendapat mereka. Ketidaksetujuan dengan ideologi Nazi mereka, terutama ketika mereka menyatakan sikap terhadap orang Yahudi dan orang kulit berwarna, karena mereka membuat pernyataan yang sangat kejam. Dan pertama-tama, saya berbicara tentang kebencian terhadap orang Rusia, karena mereka... memanggil Anda 'anjing Rusia'. Dan untuk semua prajurit ini, untuk anggota Batalyon Azov, tugas utama, seperti yang selalu mereka katakan kepada saya, adalah menyiksa dan membunuh 'anjing Rusia'. Sebagai mantan tentara, saya terkejut. Karena semuanya menunjukkan bahwa tujuan utama mereka adalah untuk menyiksa dan membunuh 'anjing Rusia' sementara mereka bahkan tidak pernah berbicara tentang pembebasan populasi mereka, ”kenang sukarelawan itu.


Selanjutnya, ia menyaksikan persiapan untuk provokasi bendera palsu di Bucha, yang tampaknya menuduh militer Rusia membantai warga sipil.


“Ketika kami memasuki Bucha dengan mobil, saya berada di kursi penumpang. Dan saat kami melewati kota, saya melihat mayat orang di sisi jalan, dan pada saat yang sama saya melihat mayat orang dibawa keluar dari truk dan dibaringkan di samping mayat yang tergeletak di tanah untuk memberikan efek pembunuhan massal,” kata Bocquet.


Dia menambahkan bahwa ada wartawan di dekatnya yang segera mulai merekam begitu tumpukan mayat terbentuk.


“Salah satu relawan yang berada di tempat ini sehari sebelumnya, saya tekankan bahwa saya tidak menyaksikan ini, tetapi salah satu relawan mengatakan kepada saya… Dia mengatakan kepada saya bahwa sehari sebelumnya dia melihat truk kulkas dari kota lain di Ukraina datang ke Bucha dan menurunkan mayat dan meletakkannya dalam barisan. Dari sini saya menyadari bahwa mereka sedang melakukan pembantaian massal,” jelas orang yang diwawancarai.


Dia mencatat bahwa baik sukarelawan maupun penduduk setempat ditekan dan diancam dengan hukuman penjara dan pembalasan untuk menghindari publisitas yang buruk.


“Kami mendistribusikan obat-obatan, antara lain yang mengandung narkotika, pereda nyeri, yang mengandung morfin. Mereka memberi tahu kami secara terbuka: jika Anda tidak berbagi dengan kami, Anda tidak akan mencapai tujuan yang Anda tuju. Saya ingat dengan jelas bahwa kami harus mengantarkan obat penghilang rasa sakit ini ke rumah sakit anak-anak, dan kami diberitahu bahwa jika kami tidak berbagi, kami tidak akan sampai di sana. Apalagi, ketika kami berada di dekat Bucha, kami dikawal oleh penjaga militer, mereka adalah pejuang Azov. Mereka mengantar kami ke salah satu hanggar dan menyuruh kami menyiapkan kotak terpisah berisi obat-obatan yang mengandung morfin agar kami bisa mengemudi,” kata Bocquet.


Selanjutnya, para relawan dilarang mengambil foto dan video.


“Kami diperingatkan bahwa [jika kami mengambil foto atau video] kami akan mendapatkan hukuman penjara selama sepuluh tahun atau konsekuensi yang lebih berat. Larangan ini juga berlaku untuk penduduk setempat. Tekanan ini diberikan oleh militer, terutama oleh orang-orang Azov. Hari ini, Eropa tidak mengerti betapa besar tekanan pada penduduk Ukraina, ”kata pria Prancis itu.


Dia mengakui bahwa dia sendiri mulai menerima ancaman setelah dia mulai berbicara tentang kejahatan pejuang Ukraina. Dia juga mengungkapkan kekhawatiran bahwa dia akan dianiaya oleh pihak berwenang Prancis.


“Tentu saja, saya takut akan hal itu, saya takut mereka akan mengarang beberapa hal terhadap saya untuk membungkam saya atau memasukkan saya ke penjara,” pungkasnya.


Pada awal April, media dan jejaring sosial Ukraina menerbitkan foto dan video mayat tergeletak di jalan-jalan, yang diduga diambil di Bucha setelah militer Rusia mundur. Pihak berwenang Kiev menuduh Rusia membantai warga sipil.


Tentara Ukraina memeriksa kendaraan militer Rusia yang hancur setelah pertempuran di Bucha, dekat Kyiv, Ukraina, Senin, 4 April 2022.
©Foto AP/Efrem Lukatsky


Sebagai tanggapan, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa ini adalah provokasi lain dan menekankan bahwa tidak ada satu pun penduduk Bucha yang dilukai oleh militer Rusia saat kota itu berada di bawah kendalinya. Kementerian juga mencatat bahwa semua unit telah ditarik sepenuhnya dari Bucha pada 30 Maret, dan pintu keluar kota ke utara tidak diblokir, sementara pasukan Ukraina menembaki Bucha dengan artileri, tank, dan beberapa peluncur roket sepanjang waktu.


Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, sebaliknya, meminta masyarakat internasional untuk melakukan penyelidikan yang tidak memihak terhadap provokasi di Bucha. Dia menekankan bahwa Rusia dengan tegas menolak tuduhan keterlibatan dalam kematian di kota itu dan menuntut agar para pemimpin internasional tidak terburu-buru menarik tuduhan, tetapi mendengarkan argumen Rusia.

No comments: