Sunday 21 August 2022

Wanita yang bekerja di dalam laboratorium kimia Afghanistan menghadapi masa depan yang tidak pasti

Wanita yang bekerja di dalam laboratorium kimia Afghanistan menghadapi masa depan yang tidak pasti

Wanita yang bekerja di dalam laboratorium kimia Afghanistan menghadapi masa depan yang tidak pasti


Wanita yang bekerja sebagai teknisi laboratorium di sebuah pabrik di Afghanistan utara mendukung keluarga mereka saat krisis ekonomi negara semakin dalam (Kern Hendricks/Al Jazeera)






Arzoo Noori memegang dua botol kaca, dengan hati-hati menuangkan cairan bening dari satu ke yang lain. Saat dia mengangkat satu gelas ke cahaya jendela, memutarnya perlahan, solusinya mulai berubah menjadi warna merah muda transparan.







Di ruangan berlangit-langit tinggi di belakangnya, Noori dan enam rekannya – semuanya wanita mengenakan jas laboratorium putih bersih dan sarung tangan lateks – membuat catatan di papan klip, menyesuaikan pembakar bunsen, dan menangani alat pengukur yang tampak kuno. Di tengah dentingan halus barang pecah belah dan coretan pensil, ruangan ini memiliki suasana produktivitas yang tenang dan hening.


Noori, berusia 30 tahun, adalah teknisi lab di pabrik kimia terbesar di Afghanistan, yang terletak di luar kota utara Mazar-i-Sharif di provinsi Balkh. Sedikit bertubuh dan berbicara dengan lembut, dia memancarkan aura profesionalisme percaya diri saat dia bergerak di antara meja kerja, dengan cekatan mengukur bahan kimia dari botol dengan label Rusia yang terkelupas.


Pabrik, yang memproduksi pupuk urea untuk sektor pertanian Afghanistan, adalah sisa-sisa pendudukan Soviet di Afghanistan dari tahun 1979 hingga 1989. Saat ini pupuk tersebut dikemas dalam tas berdesain baru yang bertanda: Produk Imarah Islam Afghanistan. Menjulang di atas ladang hijau subur, cerobong asap pabrik, menara pendingin, dan fasad industri berkarat sangat kontras dengan rumah bata lumpur sederhana berlantai satu yang menghiasi lanskap sekitarnya.


Noori, berusia 30 tahun, adalah teknisi lab di pabrik kimia terbesar di Afghanistan, yang terletak di luar kota utara Mazar-i-Sharif di provinsi Balkh. Sedikit bertubuh dan berbicara dengan lembut, dia memancarkan aura profesionalisme percaya diri saat dia bergerak di antara meja kerja, dengan cekatan mengukur bahan kimia dari botol dengan label Rusia yang terkelupas.


Pabrik, yang memproduksi pupuk urea untuk sektor pertanian Afghanistan, adalah sisa-sisa pendudukan Soviet di Afghanistan dari tahun 1979 hingga 1989. Saat ini pupuk tersebut dikemas dalam tas berdesain baru yang bertanda: Produk Imarah Islam Afghanistan. Menjulang di atas ladang hijau subur, cerobong asap pabrik, menara pendingin, dan fasad industri berkarat sangat kontras dengan rumah bata lumpur sederhana berlantai satu yang menghiasi lanskap sekitarnya.


Noori mulai bekerja di pabrik ketika dia berusia 23 tahun setelah lulus dengan gelar sarjana teknik kimia dari Universitas Balkh. Dia mulai sebagai asisten lab dan dengan cepat naik menjadi manajer seluruh laboratorium produksi urea. Itu adalah posisi yang dia pelajari dengan keras dan bangga untuk mendapatkannya.


Pabrik di pinggiran Mazar-i-Sharif di utara Afghanistan berasal dari pendudukan Soviet yang dimulai pada akhir 1970-an (Kern Hendricks/Al Jazeera)


Namun segera setelah Taliban merebut kembali kendali negara itu Agustus lalu, Noori dicopot dari perannya dan staf wanita dipisahkan dari rekan pria mereka.


Pada suatu sore di bulan Maret, Noori, yang asyik dengan pekerjaannya, untuk sesaat kurang tertarik membicarakan perubahan ini daripada menjelaskan tes yang dia dan rekan-rekannya lakukan.


“Ini adalah tes untuk menilai keseimbangan pH air yang kami gunakan di pabrik ini,” katanya tanpa melihat ke gelas di depannya. “Ini tugas sederhana – kami hanya perlu menambahkan beberapa bahan kimia ke dalam air, tetapi jika kami tidak memantau keseimbangan pH, proses lain di pabrik akan terpengaruh.” Noori – salah satu dari hampir 200 wanita yang bekerja di pabrik, sangat bangga dengan pekerjaannya. Dia tahu dia adalah bagian penting dari pabrik.


Tapi sekarang, bekerja di bawah pengawasan seorang pria yang jauh lebih berkualitas daripada dirinya sendiri, Noori dan banyak rekan wanitanya bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa depan bagi mereka – dan untuk karir mereka – di Taliban Afghanistan.



Perubahan pada pekerjaan wanita



Satu tahun sejak Taliban mendapatkan kembali kendali penuh atas Afghanistan, negara itu tetap dalam keadaan rapuh dan miskin meskipun ada perbaikan keamanan yang signifikan.


Perubahan iklim mendatangkan malapetaka di seluruh negeri Afghanistan menghadapi kekeringan terburuk dalam 27 tahun, dan sekarang memiliki tingkat kerawanan pangan darurat tertinggi dari negara mana pun di bumi. Sebuah laporan Program Pangan Dunia baru-baru ini memproyeksikan bahwa 22,8 juta orang Afghanistan – kira-kira setengah dari negara itu – menghadapi kerawanan pangan yang parah pada tahun 2022. Ratusan ribu keluarga sekarang sepenuhnya bergantung pada makanan yang disediakan oleh LSM dan PBB.


Dipukuli oleh dampak konflik, perubahan iklim, dan sanksi internasional yang berkepanjangan, warga Afghanistan juga berjuang untuk menemukan cara apa pun untuk mendapatkan penghasilan yang konsisten. Perempuan paling terpukul, dengan pekerjaan perempuan diperkirakan turun 28 persen tahun ini, menurut Organisasi Perburuhan Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Dengan latar belakang krisis kemanusiaan dan ekonomi, hak-hak perempuan Afghanistan juga mulai terkikis. Banyak sekolah menengah perempuan di seluruh negeri tetap tutup, mengunci ribuan orang dari pendidikan yang tampaknya berada dalam jangkauan mereka hanya 12 bulan yang lalu.


Di seluruh negeri, banyak perempuan, terutama mereka yang bekerja di luar sektor kesehatan dan pendidikan, kehilangan pekerjaan, dan sekarang tidak dapat memperoleh pekerjaan dalam bentuk apa pun. Beberapa tetap di rumah hanya karena takut berinteraksi dengan Taliban. Yang lain terus menghadiri pekerjaan mereka tetapi menemukan tempat kerja mereka sekarang dipisahkan berdasarkan gender. Demonstrasi yang mendukung hak-hak perempuan, dalam beberapa kesempatan, ditindas dengan kekerasan, dan banyak perempuan tetap takut bahwa advokasi hak-hak mereka akan mengakibatkan pelecehan, penangkapan, atau lebih buruk lagi.


Noori dan rekan-rekannya di pabrik tersebut tinggal di salah satu kota paling konservatif di Afghanistan dan banyak wanita dari generasi Noori memiliki akses ke pendidikan dan keluarga yang mendorong mereka untuk mengejar karir mereka sendiri sebagai wanita mandiri. Tetapi ketika Taliban kembali berkuasa pada tahun 2021, beberapa rekan wanita Noori yang lebih tua khawatir bahwa mereka mungkin dilarang bekerja di pabrik milik negara.


Zia Omar telah bekerja di pabrik tersebut selama 35 tahun. Ketika Taliban sebelumnya berkuasa, dia terpaksa berhenti bekerja (Kern Hendricks/Al Jazeera).


Aturan Taliban sebelumnya



Zia Omar, 50, telah bekerja sebagai teknisi lab di pabrik selama 35 tahun. Seperti banyak wanita dari generasinya di pabrik, dia dipekerjakan dan dilatih oleh Soviet selama pendudukan selama satu dekade. Seorang wanita lembut dengan tawa siap, Omar mengenakan jilbab merah muda tersampir longgar di rambut dan bahunya. Dengan pengalaman puluhan tahun, dia dapat dengan mudah melakukan percakapan saat dia melakukan tugasnya.


Omar mengatakan bahwa dia dipaksa untuk berhenti bekerja di bawah pemerintahan Taliban sebelumnya dari tahun 1996 hingga 2001. “Mereka tidak mengizinkan perempuan bekerja di pabrik,” katanya. “Selama hampir enam tahun saya terjebak di rumah tanpa pekerjaan.”


Ketika upah suaminya sebagai insinyur di pabrik ternyata terlalu kecil untuk menghidupi seluruh keluarga, Omar memutuskan dia bisa berkontribusi dari rumah. Dia membeli mesin jahit dan menghabiskan sisa aturan pertama Taliban untuk menjahit pakaian yang kemudian akan dijual suaminya di pasar lokal.


Setelah hidup dan bekerja melalui berbagai pergolakan dan otoritas, satu hal yang jelas bagi Omar.


Kantong-kantong urea diisi di pabrik urea di provinsi Balkh. Pupuk terbuat dari amonia dan karbon dioksida (Kern Hendricks/Al Jazeera)


"Saya lelah perang," katanya, dengan campuran kesedihan dan kemarahan. "Saya hanya ingin perdamaian dan stabilitas untuk negara saya, saya pikir itu tidak terlalu banyak untuk ditanyakan."


Di bawah pemerintahan baru Taliban, tempat kerja pabrik pada awalnya tetap sama dan pria dan wanita terus bekerja berdampingan. “Rekan laki-laki saya memperlakukan saya seperti saudara perempuan atau anak perempuan dan semua orang sangat profesional dan hormat,” kata Noori.


Kemudian sekitar tiga bulan setelah Taliban merebut kembali negara itu, perwakilan dari Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan datang ke pabrik, kenang Noori.


Saat menyebut kementerian yang terkenal ini – yang dikenal karena memberikan hukuman brutal termasuk cambuk dan pemukulan karena memutar musik, menonton film, dan pelanggaran “moralitas” lainnya di bawah pemerintahan Taliban sebelumnya – rekan-rekannya di lab saling pandang dengan gugup, tetapi Noori tidak ketinggalan.


“Mereka mengatakan bahwa tidak pantas seorang wanita menjadi penanggung jawab lab, mengelola staf lain,” kata Noori lembut. “Jadi mereka mencopot saya dari posisi saya sebagai manajer lab dan menggantinya dengan seorang pria. Secara teknis dia tidak memiliki jabatan yang sama dengan saya, tetapi praktis dia yang bertanggung jawab sekarang.”


Pemisahan gender diterapkan di seluruh kantor dan laboratorium, mencegah perempuan mengakses beberapa bagian pabrik.


Kantong-kantong urea diisi di pabrik urea di provinsi Balkh. Pupuk terbuat dari amonia dan karbon dioksida [Kern Hendricks/Al Jazeera]


'Pekerjaan itu adalah hak saya'



Meskipun pekerjaan Noori sebagian besar tetap sama – dia masih mengelola logistik lab sehari-hari – dia tidak lagi menerima bayaran atau pengakuan yang dia peroleh dengan susah payah.


Sementara Noori frustrasi dengan perannya yang diturunkan, kualifikasi penggantinya – bukan jenis kelaminnya – yang paling mengganggunya. "Dia seorang insinyur sipil, bukan seorang insinyur kimia," katanya, mengangkat tangannya. “Ini adalah laboratorium kimia – dia tidak memiliki kredensial yang tepat. Saya memiliki gelar di bidang teknik kimia, dan saya mengikuti ujian khusus hanya untuk mendapatkan pekerjaan itu. Saya mendapatkannya melalui kerja keras – pekerjaan itu adalah hak saya.” Bekerja di bangku mereka, wanita lain mengangguk setuju.


Menghasilkan lebih sedikit uang juga berdampak serius di negara yang dilanda krisis ekonomi. Noori menunjuk ke luar jendela menuju kota di kejauhan. “Saya bertanggung jawab atas keempat anggota keluarga saya,” katanya. “Ibuku sudah meninggal, ayahku sudah pensiun, dan adikku belajar ilmu politik di universitas, jadi aku satu-satunya yang menghasilkan uang untuk kita semua.”


Di bawah program yang dilaksanakan oleh pemerintah yang dipimpin oleh mantan Presiden Ashraf Ghani, beberapa profesional terampil dan pegawai pemerintah ditawari kenaikan subsidi untuk gaji bulanan mereka berdasarkan tingkat pendidikan tinggi mereka.


Noori mengatakan bahwa ketika Taliban mengambil alih distribusi upah untuk pekerja pabrik, bonusnya hilang. “Di bawah pemerintahan sebelumnya, saya biasa menerima bonus bulanan 2.000 afghanistan (sekitar $22) karena saya lulus SMA dan juga memiliki gelar sarjana,” katanya.


Noori juga khawatir pemotongan bonus ini menghilangkan insentif bagi generasi perempuan berikutnya untuk mencari pendidikan yang lebih tinggi. “Jika seseorang tanpa pendidikan mendapatkan penghasilan yang sama dengan seseorang dengan gelar sarjana, mengapa ada orang yang repot-repot?”


Meskipun upahnya lebih tinggi daripada kebanyakan orang Afghanistan, semuanya masih ketat. “Dulu saya mendapatkan 11.000 afghani (sekitar $124) per bulan, tetapi sekarang saya hanya menerima 9.000 afghani ($100).” Dia mengarahkan telapak tangannya ke langit. “Itu tidak terlalu jauh antara lima orang. Makanan, pakaian; kita harus menghitung setiap afghani sekarang. Dan barang-barang dasar semakin mahal setiap saat. ”


Shayma Momin telah bekerja di pabrik selama lebih dari 35 tahun. “Saya bangga mendukung keluarga saya dengan apa yang saya lakukan,” katanya [Kern Hendricks/Al Jazeera]


'Fokus pada makanan dan air'



Teknisi lab Shayma Momin, 52, mengerutkan alisnya saat dia dengan hati-hati menyesuaikan dial pada pengukur pH era Soviet, mengikuti jarum indikator mesin yang bergetar dengan konsentrasi. Saat dia memutar tombol lebih jauh, beberapa gelang emas bergemerincing di pergelangan tangannya.


Momin telah bekerja di pabrik selama lebih dari 35 tahun, dan, seperti Zia Omar, dilatih dalam pekerjaannya oleh insinyur kimia dari bekas Uni Soviet. Dia mengatakan bahwa menjaga keluarganya tetap bertahan adalah tugas yang semakin sulit. Momin tinggal bersama suaminya – pensiunan insinyur listrik – bersama dua putranya, putri tirinya, dan beberapa cucu.


Momin, seperti banyak wanita lain di pabrik, adalah satu-satunya pencari nafkah untuk rumah tangganya.


Suami saya sudah pensiun, anak perempuan saya sudah menikah, dan tidak ada orang lain yang bekerja selain saya,” katanya. “Anak-anak saya lulus dari universitas tetapi mereka menganggur. Salah satu putra saya sudah menikah dan memiliki anak tetapi dia juga menganggur. Sulit, tapi kami bertahan.”


Dia mengatakan mereka tidak membeli pakaian baru, sepatu atau "barang yang tidak perlu", menambahkan bahwa "kami hanya fokus pada makanan dan air."


Suami Momin, yang dulu bekerja di pabrik, biasa menerima pensiun karena pengabdiannya selama puluhan tahun. Tapi sekarang, di bawah pemerintahan baru, itu juga hilang, menjadi korban langkah-langkah pemotongan biaya .


Dia mengatakan mereka tidak membeli pakaian baru, sepatu atau "barang yang tidak perlu", menambahkan bahwa "kami hanya fokus pada makanan dan air."


Suami Momin, yang dulu bekerja di pabrik, biasa menerima pensiun karena pengabdiannya selama puluhan tahun. Tapi sekarang, di bawah pemerintahan baru, itu juga hilang, menjadi korban langkah-langkah pemotongan biaya.


Meski begitu, dia tetap optimis. “Orang-orang di Afghanistan menganggur sekarang,” katanya, menggelengkan kepalanya. “Saya merasa beruntung memiliki pekerjaan saya di sini di pabrik. Itu tidak mudah, tetapi saya bangga mendukung keluarga saya dengan apa yang saya lakukan.”



'Saya ingin membantu negara saya'



Kembali di lab, Noori mengatakan bahwa situasi perempuan di pabrik jauh dari hitam dan putih.


“Memang benar bahwa beberapa hal dalam hidup saya tetap sama sejak Taliban mengambil alih kekuasaan,” katanya, menyesuaikan kain di sekitar wajahnya. “Saya masih bekerja sekarang. Saya memakai cadar saya dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan sekarang..l Kakak saya masih menghadiri kelas universitasnya, meskipun mereka sekarang telah dipisahkan berdasarkan gender.”


Noori mengatakan bahwa dia masih percaya pada masa depan yang lebih cerah.


“Saya ingin menyelesaikan master dan PhD saya dan kemudian kembali untuk terus bekerja di pabrik ini,” katanya, melihat ke arah kota dan cakrawala yang jauh. Dia menunjukkan pentingnya pembuatan pupuk untuk sektor pertanian Afghanistan di tengah kerawanan pangan yang meluas di negara itu. l“Teknik kimia adalah bidang yang penting, dan saya ingin membantu negara saya berkembang dan tumbuh,” katanya.


No comments: