Sunday 31 October 2021

Labu Raksasa Seberat Mobil Pecahkan Rekor Dunia

Labu Raksasa Seberat Mobil Pecahkan Rekor Dunia

Labu Raksasa Seberat Mobil Pecahkan Rekor Dunia










Perayaan Halloween identik dengan labu berukir wajah seram alias Jack-o-Lantern. Namun Jack-o-Lantern yang dibuat dengan labu milik Stefano Cutrupi, petani asal Italia, tentu bakal lebih seram dari ukiran labu biasa. Pasalnya labu hasil panen Cutrupi baru saja memecahkan rekor sebagai labu terberat yakni mencapai 1.226 kilogram.






Labu milik Cutrupi ini sama beratnya dengan berat sebuah mobil Nissan Micra dan setara dengan berat 17,5 pria dewasa.


Sejak 2008, labu jenis raksasa Atlantik ini ditanam sedari biji yang kemudian berkecambah pada Maret.


Pada Juli, ia punya firasat labu bakal pecahkan rekor dunia. Labu raksasa pun jadi bukti kesuksesan Cutrupi apalagi mengingat Italia dihadapkan pada cuaca menantang.


Sisilia sempat mencatat rekor suhu tertinggi untuk Eropa dengan 48,8 derajat Celcius pada Agustus 2021.


"Semua waktu didedikasikan untuk kultivasi, untuk mencari ide-ide baru, waktu yang dihabiskan untuk membandingkan diri saya dengan petani lain, pengorbanan saya, dan pengorbanan orang-orang terdekat saya.. ada saat-saat baik tapi saya juga harus menelan pil pahit," ujar Cutrupi mengutip dari laman resmi Guinness World Record.





Labu raksasa Cutrupi dibawa pada festival labu Campionato della Zuccone ke-10 di Peccioli, dekat Pisa, September lalu. Labu di kompetisi ini dinilai oleh Great Pumpkin Commonwealth. Cutrupi memilih membelakangi layar saat sesi penimbangan labu.


"Ketika teman-teman dan penonton melihat beratnya, mereka menghujani saya dengan perayaan. Saat itu saya tahu saya telah berhasil. Saya berteriak sampai kehilangan suara," imbuhnya.






Tidak hanya tempat teratas, labu Cutrupi lain juga menempati tempat kedua dan ketiga dengan bobot masing-masing 978,99 kilogram dan 794,51 kilogram.


Apa rahasianya sampai ia mampu memelihara labu berukuran fantastis ?


"Tidak ada rahasia. Seperti bidang lain, ini tentang mengejar tujuan dengan metode dan ketekunan," ujarnya.


Rekor labu raksasa Cutrupi mendepak pemecah rekor sebelumnya. Travis Gienger asal AS memanen labu seberat 1.065,9 kilogram.


Setelah penimbangan resmi di California, labu dibawa pulang ke kampung halaman Gienger di Anoka, Minnesota.


Di 'Halloween Capital of the World' ini, ia meminta teman dan pemahat labu berpengalaman Mike Rudolph untuk menyulap labu jadi Jack-o-Lantern bertema kucing. Jadilah labu bertajuk 'Tiger King' ini dibawa dalam parade All Hallows Eve ke 100 di sana.














No comments: