Sunday 1 August 2021

Kabut ketidakpastian membayangi Afghanistan

Kabut ketidakpastian membayangi Afghanistan

Kabut ketidakpastian membayangi Afghanistan


Milisi Afghanistan bergabung dengan pasukan pertahanan dan keamanan Afghanistan selama pertemuan di Kabul, Afghanistan (File: Rahmat Gul/AP Photo)






By Ali M Latifi



Ke mana pun Anda pergi, dari ruang olahraga di ibu kota Kabul hingga lapangan di provinsi Logar, semua orang menanyakan pertanyaan yang sama: “Apa yang akan terjadi?”




Orang-orang telah mencoba menjawab pertanyaan itu, tetapi kebenaran yang menyedihkan dan menakutkan adalah, kita tidak akan tahu sampai kita sampai di sana.


Kurangnya jawaban yang jelas menghantui penduduk, yang takut dengan skenario apa pun yang tidak mengarah pada perdamaian sejati.


Suatu malam, seorang pejabat pemerintah mengatakan sesuatu seperti: "Tidak ada alasan bagi orang untuk putus asa, itu menjadi kata-kata buzz."


Duduk di terasnya, saya melihat kembali perjalanan saya baru-baru ini ke Logar, Parwan, Herat dan Nangarhar dan berkata, “Tidak, orang-orang tidak punya harapan. Mereka ketakutan.”


Saya teringat akan sesuatu yang dikatakan putri sepupu saya yang berusia sembilan tahun, seorang seniman berbakat dan penggemar berat BTS, dalam bahasa Pashto suatu malam: "Kami akan tinggal di sini dan mati."


Dia lahir setelah Taliban digulingkan dari kekuasaan dalam invasi militer pimpinan AS pada 2001.


Dia belajar di sekolah swasta terkenal tempat ibunya mengajar. Bagaimanapun, dia harus menjadi anak poster literal untuk apa yang disebut "keuntungan 20 tahun terakhir". Namun, bahkan dia merasakan ketakutan yang mengganggu bahwa politik telah membuat dia dan keluarganya tidak berdaya untuk melarikan diri.


Ya, sayangnya, perang bukanlah apa-apa bagi generasi baru Afghanistan, tetapi saat ini, orang-orang merasa tersesat di laut. Seolah-olah mereka, dan negara, hanyut tanpa tujuan. Mereka tidak tahu apakah mereka akan hanyut menuju jurang yang dalam dan gelap dari kekerasan dan perang lebih lanjut atau semacam perdamaian.






Mereka yang memiliki sarana memilih untuk tidak mengambil risiko menunggu.


Seperti yang dikatakan seorang teman jurnalis kepada sekelompok dari kami: “Saya di sini ketika tank-tank Soviet datang. Saya melihatnya sendiri. Mengapa saya harus menunggu untuk melihat apakah Kabul diambil alih lagi, saya harus mengeluarkan keluarga saya sekarang.”


Dalam beberapa minggu terakhir, saya memiliki keluarga dan teman di Kabul dan Amerika Serikat menelepon saya untuk menanyakan tentang proses mendapatkan Visa Imigran Khusus yang dilaporkan Amerika Serikat menjanjikan kepada jurnalis, wanita terkemuka, dan mereka yang bekerja untuk AS.


Sekali lagi, satu-satunya jawaban yang bisa saya berikan kepada mereka adalah: "Saya tidak tahu."






Saya tidak merasa begitu tidak berdaya untuk membantu orang-orang saya sejak saya tinggal sebentar di Istanbul Turki (2016-2017), di mana para pengungsi dari Nangarhar yang datang ke negara itu akan menelepon saya untuk meminta bantuan ketika Ankara mulai mendeportasi orang Afghanistan kembali ke perang daerah.


Yang benar adalah negara ini tidak baik-baik saja. Orang-orang merasa terjebak di antara pemerintah korup yang sebagian besar gagal memberikan layanan dasar yang sangat dibutuhkan dan Taliban yang brutal, kejam, dan menindas.


Itu menjadi jelas bagi saya setelah bertemu dengan kekuatan pemberontakan anti-Taliban di Parwan, Logar dan Herat selama sebulan terakhir. Pasukan itu berjuang untuk sebuah Republik, belum tentu kepemimpinan saat ini, dan yang lebih penting, melawan Talibanisme.


Beberapa orang, termasuk legislator yang kuat dan mantan pejabat, telah mencoba membuat Washington bersalah karena membatalkan keputusannya untuk mundur pada 31 Agustus.


Namun, sekali lagi, dalam berbicara dengan rata-rata orang di lima provinsi selama sebulan terakhir, menjadi sangat jelas bahwa hanya ada sedikit cinta yang hilang antara rakyat dan AS, sebuah negara yang telah menghancurkan begitu banyak komunitas lokal dengan kebijakannya yang gagal, buruk. -dukungan iman dari para pemimpin korup, serangan udara, drone dan serangan malam.


Yang membuat orang marah adalah bagaimana AS pergi, tanpa kondisi nyata pada pemerintah atau Taliban.



Memanggil Taliban



Dalam beberapa hari terakhir, kedutaan asing, termasuk AS, telah mengeluarkan pernyataan yang menyerukan serangkaian kekerasan Taliban baru-baru ini, sesuatu yang dipuji oleh beberapa pejabat, yang masih ingin menyenangkan orang asing.


Orang-orang, bagaimanapun, dibiarkan bertanya-tanya di mana kecaman dan seruan untuk mengakhiri kekerasan ini ketika para pejabat AS duduk di seberang Taliban di Doha untuk merundingkan penyelesaian damai.


Pakta itu membuat kelompok itu setuju untuk tidak menargetkan pasukan dan pejabat asing, sementara kampanye berdarah mereka terhadap pasukan keamanan Afghanistan, pejabat dan warga sipil terus berlanjut.


Kombinasi ketidakpastian dan kemarahan ini telah meninggalkan korban jiwa jutaan orang Afghanistan.


Seorang personel pasukan keamanan Afghanistan mencari seorang komuter selama jam malam di sebuah pos pemeriksaan di Herat [Hoshang Hashimi/AFP]


Ketika saya melakukan perjalanan ke Herat menjelang liburan Idul Adha, saya melihat kota yang berbeda. Satu di mana pasukan keamanan dan anggota pemberontakan telah mendirikan pos pemeriksaan dalam perjalanan ke distrik-distrik yang biasa kami kunjungi dengan bebas hanya dua tahun yang lalu. Tempat di mana pasar yang dulu ramai di belakang Masjid Jame yang terkenal itu hampir kosong.


Ini adalah pertama kalinya dalam delapan tahun saya bepergian ke sana, orang-orang bertanya apakah saya yakin ingin pergi ke Herat.


“Bagaimana jika bandara tutup saat Anda berada di sana,” seorang jurnalis bertanya kepada saya tepat sebelum saya memesan tiket.


Dua hari kemudian, ketika saya sedang duduk di Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul, kata-katanya terngiang-ngiang di telinga saya sepanjang waktu.



'Inilah yang dilakukan perang'



Berada di sana kali ini, saya tidak memikirkan apakah akan naik becak atau berjalan kaki sekitar 40 menit untuk membeli khamak dozi, kain sulaman tangan yang bernilai tinggi yang dapat dijual hingga ratusan dolar.


Sebaliknya, setelah bertahun-tahun, saya menyadari betapa datar dan terbukanya kota ini.


Betapa mudahnya bagi Taliban untuk menghujani tempat-tempat bersejarah, gedung-gedung pemerintah, dan pasar-pasar, dan membuat malapetaka di kota kuno itu.


Inilah yang dilakukan perang, ia menjebak Anda dalam sangkar yang semakin lama semakin terkurung setiap hari. Ini merampas mobilitas Anda bahkan di negara yang penuh dengan sungai, gunung, gurun, tanaman hijau subur, dan situs bersejarah. Dibutuhkan keluarga Anda. Ini membuat Anda dalam keadaan waspada yang konstan. Ini melucuti liburan dari kegembiraan mereka.

No comments: