Saturday 23 May 2020

Kosovo: Wanita Berusia 92 Tahun Sendirian di Desanya

Kosovo: Wanita Berusia 92 Tahun Sendirian di Desanya
Fadil Rama mengunjungi Vladica Dicic yang berusia 92 tahun dua kali seminggu di Kosovo untuk memberinya bantuan yang sangat dibutuhkan [Al Jazeera Balkans]


Untuk waktu yang lama, jalan menuju desa Vagnes yang ditinggalkan di Kosovo timur hanya digunakan oleh Fadil Rama.





Gerakan itu melambangkan kohesi. Rama berasal dari Albania dan Dicic adalah etnis Serbia.


Ketegangan dan prasangka antaretnis tidak menghalangi hubungan mereka untuk tumbuh.


"Aku akan pergi ke seorang wanita tua Serbia bernama Vladica untuk memberikan makanannya," kata Rama kepada Al Jazeera, saat dia menyusuri jalan tanah menuju rumahnya.


Desa Vagnes, tempat gereja Ortodoks yang indah tetap, telah ditinggalkan sejak awal 2000-an; ada rumput yang tumbuh terlalu banyak di jalan-jalan pedesaan.


Bahkan ketika desa itu dihuni, itu adalah tempat yang tenang, dengan sekitar 20 orang.


Kunjungan terakhir Rama adalah tiga hari yang lalu. Setiap kali dia mendekati rumahnya, dia takut yang terburuk dan berharap yang terbaik.


Ketika Rama menyiapkan makanan yang dibawanya di atas meja, roti, sup, pisang, dan beberapa makanan penutup halva, Dicic menghujani dia dengan rasa terima kasih.


"Semoga Tuhan membantunya, dia mengunjungi saya. Saya tidak ingin memisahkannya dari anak-anak lelaki saya. Anak-anak saya adalah Djoka dan Slobodan, dan (dia) anak saya yang ketiga," katanya.


"Kamu lihat (terima kasih kepada Tuhan), kamu adalah yang ketiga. Kamu membawakanku segalanya."





Putranya Slobodan, yang istrinya tidak sehat, tinggal di Kamenica, sekitar 20 menit berkendara, sementara Djoka pindah lebih jauh, ke Serbia.


Kotamadya Kamenica menyediakan keluarga dengan perumahan sosial, tetapi Dicic menolak untuk meninggalkan rumah tempat dia menghabiskan hidupnya, sehingga ditinggalkan sendirian di desa.


"Tidak ada seorang pun di sini," katanya.


Yang paling dia rindukan adalah teman, jadi perpisahan selalu sulit.


"Aku pergi tapi aku akan datang lagi, selamat tinggal," kata Rama. "Jangan menangis, aku akan datang, jangan takut pada apa pun."


Dalam tiga hari, Rama akan kembali ke desa yang ditinggalkan ini.


"Terima kasih banyak sudah datang. Terima kasih Tuhan," kata Dicic, tidak bisa menahan air mata di matanya.















⚠ Peringatan Covid-19























Update kasus virus corona di tiap negara




No comments: